STRATEGI PEMBELAJARAN

Oleh : Ririn Lutmawati, S.P.d. (Ustadzah Ririn)

  1. Pengertian strategi pembelajaran

Strategi secara umum mempunyai pengertian sebagai suatu garis besar acuan dalam melakukan tindakan untuk mencapai sasaran yang di inginkan. Jika dikaitkan dengan strategi belajar dan pembelajaran strategi bisa di artikan sebagai pola umum kegiatan antara guru dan murid dalam suatu kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan. Tujuan strategi tersebut agar pembelajaran yang telah di rumuskan dapat tercapai secara maksimal, seorang guru di tuntut untuk memiliki kemampuan mengatur secara umum komponen-komponen pengajaran sedemikian rupa sehingga terjalin keterkaitan fungsi antara isi komponen pengajaran tersebut. Dengan kata lain strategi berarti pilihan pola dalam kegiatan belajar-mengajar yang digunakan untuk menjacai tujuan pembelajaran yang efektif.

2. Klasifikasi strategi pembelajaran

Strategi dapat diklasifikasikan menjadi 5 yaitu : strategi pembelajaran langsung (direct instruction), tak langsung (indirect instruction), interaktif, mandiri, melalui pengalaman (experimental).

  • Strategi pembelajaran langsung

Strategi pembelajaran langsung merupakan pembelajaran yang banyak diarahkan oleh guru. Strategi ini efektif untuk menentukan informasi atau pembangunan keterampilan tahap demi tahap. Pembelajaran ini bersifat deduktif. Kelebihan strategi ini mudah untuk di rencanakan dan digunakan, sedangkan kelemahannya dalam pengembangan kemampuan, proses, dan sikap diperlukan untuk pemikiran kritis dan hubungan interpersonal dan belajar kelompok.

Contoh kegiatan yang menggunakan strategi pembelajaran langsung :

  • Strategi pembelajaran tak langsung

Strategi pembelajaran tak langsung di sebut inkuiri, induktif, pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan penemuan. Pembelajaran ini berpusat pada peserta didik, guru mengelola lingkungan belajar dan memberikan kesempatan peserta didik untuk terlibat. Kelebihan strategi ini antara lain:

  • Mendorong ketertarikan dan keinginan peserta didik
  • Menciptakan alternative dan menyelesaikan masalah
  • Mendorong kreatifitas dan pengembangan keterampilan interpersonal
  • Pemahaman yang lebih baik
  • Mengekspresikan pemahaman

Sedangkan kekurangannya adalah memerlukan waktu yang Panjang, outcome sulit diprediksi.

  • Strategi pembelajaran interaktif

Pembelajaran interaktif menekankan pada diskusi dan sharing diantara peserta didik. Diskusi dan sharing memberi kesempatan peserta didik untuk bereaksi terhadap gagasan, pengalaman, pendekatan dan pengetahuan guru atau temannya dan untuk membangun cara alternative untuk berfikir dan merasakan. Kelebihan strategi ini antara lain: peserta didik dapat belajar dari temannya dan juga guru, mengorganisasikan pemikiran dan membangun argument yang rasional. Sedangkan kekurangannya sangat tergantuk pada kecakapan guru dalam menyusun dan mengembangkan dinamika kelompok.

Contoh kegiatan kegiatan pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran interaktif .

  • Strategi pembelajaran empirik ( experiential )

Pembelajaran empiric berorientasi pada kegiatan induktif, berpusat pada peserta didik, dan berbasis aktifitas. Kelebihan dari strategi ini adalah :
a. Meningkatkan partisipasi peserta didik
b. Meningkatkan sifat kritis peserta didik
c. Meningkatkan analisis peserta didik

Proses belajar mengajar yang mengaktifkan pembelajaran untuk membangun pengetahuan dan keterampilan melalui pengalaman secara langsung.

Sedangkan kekurangan dari strategi ini adalah penekanan hanya pada proses bukan pada hasil, keamanan siswa, dan memerlukan waktu yang Panjang

  • Strategi pembelajaran mandiri

Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri. Kelebihan pembelajaran ini adalah membentuk peserta didik yang mandiri dan bertanggung jawab. Sedangkan kekurangannya adalah peserta didik SD/MI belum dewasa, sehingga sulit menggunakan pembelajaran mandiri.

Seorang guru harus memiliki pemahaman yang luas tentang model, pendekatan, strategi, metode dan media pembelajaran. Seorang guru harus bisa memanfaatkan media pembelajaran, dan memperdalam pengetahuan tentang media pembeljaran demi mendukung tercapainya tujuan yang diinginkan, dan mendapatkan siswa dan siswi yang berprestasi

Itu tadi penjelasan tentang pengertian strategi dan jenis strategi yang dapat kita gunakan dalam pembelajaran atau belajar mengajar. Semoga sedikit penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Artikel dirujuk dari buku Strategi Pembelajaran

“karya Ngalimun, S.Pd., M.Pd., M.I.KOM”

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.