TIPE BATUK PADA PASIEN OMICRON

Oleh : Naning Faridah, A.Md.Kep. (Ustadzah Naning)

Batuk atau tenggorokan gatal adalah satu di antara gejala umum dari infeksi Covid-19 varian Omicron. Gejala ini ternyata bisa berkepanjangan meski seseorang telah terkonfirmasi negatif.

Batuk ada batuk kering, batuk berdahak atau kombinasinya. Dilihat dari durasi, batuk terbagi menjadi dua, yakni batuk akut yang bisa berakhir setelah dua hingga tiga minggu, juga batuk kronis yang umumnya berlangsung dalam waktu lama.

Infeksi Covid-19 varian Omicron menyebabkan berbagai gejala termasuk sakit kepala, demam, nyeri otot, pilek, hingga kehilangan indra penciuman (anosmia). Sejumlah pasien Covid-19 pun mengeluhkan dua gejala Omicron yang paling sering dirasakan, yakni batuk dan sakit tenggorokan. “Memang banyak keluhan yang dilaporkan adalah batuk kering, tetapi ternyata tidak hanya batuk kering yang bisa terjadi pada varian Omicron ini. Batuk yang berdahak juga ada tetapi susah dikeluarkan dahaknya,” ujar Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr (Cand.) dr Inggrid Tania, M.Si.

“Pada COVID-19, batuknya akut. Tetapi walau pun varian Omicron dianggap ringan, tetap ada kejadian Long COVID di mana setelah 4 pekan ada gejala yang dirasakan,” paparnya.

Inggrid kemudian memaparkan kiat-kiat dalam mengatasi batuk tersebut, diantaranya minum air putih yang cukup dan sebisa mungkin yang hangat untuk membantu meredakan batuk. Kemudian, mandi dengan air hangat serta jauhi iritan yang dapat memperparah batuk. Selain itu, jangan merokok dan jauhi juga perokok agar batuk segera mereda.

“Kalau batuk akibat Omicron, hindari lingkungan yang mengandung bahan iritan, misalnya asap rokok, atau kamar isolasi mandiri jangan sampai berdebu,” kata dia.

Sumber Informasi :

TEKNO.TEMPO.COM 

LIPUTAN 6.COM

KOMPAS.COM (BATUK BISA JADI GEJALA OMICRON, KETAHUI CARA MEREDAKANNYA MENURUT DOKTER)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.